Asus Zenfone 3 Laser, Spesifikasi dan Harga, Performa Kamera & Kinerjanya Mantap

MediaPangandaran - Asus Zenfone 3 Laser. Asus telah memperkenalkan lima varian sekaligus untuk seri Zenfone 3 di Indonesia. Salah satunya adalah Asus Zenfone 3 Laser sebagai penerus Zenfone 2 Laser yang sukses di pasaran. Bahkan hingga kini, unitnya masih cukup di buru karena harganya juga sudah makin turun dan terjangkau. Zenfone 2 dikenal sebagai salah satu ponsel yang memiliki kamera bagus. Apakah keunggulan tersebut ditingkatkan pada penerusnya?

Secara desain ada perubahan total di Zenfone 3 dibanding Zenfone 2. Jika sebelumnya berbahan plastik, kini seluruh bodinya nyaris berbalut logam, sehingga terlihat lebih mewah. Namun, bodi logam halus ini membuat licin saat digenggam. Sementara sisi atas bawahnya masih memakai bahan plastik campuran meski tampil dengan kesan metal.



Asus Zenfone 3  Laser telah mengenakan OS Android 6.0.1 Marshmallow dan ZenUI 3.0. Secara tampilan tak terlihat perubahan yang signifikan dibanding seri sebelumnya, yakni Zenfone 2. Namun secara fungsi ada banyak perbaikan yang berguna untuk pemakaian sehari-hari. Seperti biasa Asus masih menjejali smartphone-nya dengan banyak aplikasi bawaan atau bloatware.
Hal ini cukup menyita ruang memori internal, yaitu sekitar 8.11 GB untuk sistem dan aplikasi bawaan. Sementara memori internalnya yang 32 GB juga tak cukup besar mengingat besarnya file foto video dan aplikasi atau game yang ukurannya besar-besar. Satu hal akan menyulitkan, aplikasi yang sudah diinstalasi tak bisa dipindahkan ke memori eksternal (microSD).

Asus juga menyediakan Kids mode agar anak-anak tetap bisa memakai ponsel secara sehat. Orangtua bisa membatasi aplikasi dan game apa yang bisa dimainkan, lalu mengatur nomor siapa yang bisa menelepon dan ditelepon. Untuk menjawab panggilan yang masuk dalam mode anak-anak, harus memasukkan kode PIN.

Ada pula Easy Mode yang akan menampilkan ikon-ikon dan huruf berukuran besar sehingga mudah diakses dengan cepat. Mode ini pas bagi orang setengah baya yang biasanya sudah agak kesulitan membaca dalam jarak dekat.
Pada sisi audio, Google play bisa dipakai secara default untuk memutar lagu, karena Asus tak menyediakan audio player secara khusus. Suara yang keluar lewat speaker mono yang ada di sisi bawah, jernih dan nyaman didengar, meski tak keras di volume maksimal. Suara treble dari speakemya terdengar renyah dan bersih, dan bisa diatur lewat equaliser.

Kamera merupakan salah satu yang dijagokan dari Zenfone 3 Laser. Sebagai penerus Zenfone 2 Laser yang legendaris, performa kameranya yang mantap memang dipertahankan. Tersemat kamera utama beresolusi 13 MP dan kamera depan berkemampuan 8 MP. Antarmuka kameranya masih standar seperti sebelumnya, seperti akses ke Low light mode, HDR, kamera depan, flash, dan Manual mode. Hasil foto di luar ruang memang mantap.

Melongok ke sektor dapur pacu, Asus membekali Zenfone 3 Laser ini dengan prosesor Octa-core 1.4 GHz dan RAM 4 GB yang didukung unit pengolah grafis Adreno 305 sehingga membuat semua aplikasi dan game bekerja lancar dan cepat saat dijalankan.

Rilis : Oktober 2016
Jaringan : GSM Quadband/ HSPA+ / 4GLTEFDD
Dimensi/Berat : 149 x 76 x 7.9 mm, 150 gram
Layar : 5,5 inci, IPS LCD capacitive touchscreen, 1080 x 1920 piksel, 401 ppi
Sistem Operasi : Android OS v6.0 Marshmallow
Prosesor : Qualcomm MSM8937 Snapdragon 430 "64-bit" Octa Core 1.4 GHz
GPU : Adreno 505
Kamera Utama : 13 MP, Laser auto focus, dual-tone LED flash, lensa 5 element, sensor 1/3 inci, Aperture f/2.0, touch focus, PixelMaster, Panorama, Macro, video 1080p@30fps
Kamera Depan : 8 MP, f/2.0, video 720p@30fps
Audio Player : MP3/AAC+/AMR/eAAC+/ FIAC
Video Player : MP4/H.264/H.263/WMV player /
Radio : FM Stereo
Koneksi Nirkabel : Wi-Fi, 4GLTE, Bluetooth v4.1 A2DP
Koneksi Kabel: microUSB v2.0, USB OTG, jack audio 3.5 mm
Memori Internal : 32 GB, RAM 4 GB
Memori Eksternal : microSD hingga 256GB (Hybrod, bergantian di slot sim 2)
Messaging : SMS(threaded view), MMS, Email, Push Mail, IM
Lain-lain : One Hand mode, Kids Mode, Easy Mode, GPS/A-GPS, Slow Motion dan Time Lapse, MiniMovie, PhotoCollage, Weather, Do It Later, Flashlight, Sharp Link, WebStorage, Mobile Manager, Splendid, ZenCircle, Zenfone Care, ZenTalk, Shareit, Power & Boost.
Baterai : Li-Ion 3000 mAh
Harga : Rp 3.299.000