Warga Kecamatan Parigi Masih Trauma Pasca Dilanda Angin Puting Beliung

MediaPangandaran.com - Angin Puting Beliung. Setelah 1 Juli lalu Desa Babakan dan Desa Sukaresik di Kecamatan Sidamulih dilanda angin puting beliung, kembali Pangandaran diterjang angin puting beliung pada hari Rabu pukul 14.30 tanggal 12 Oktober 2016. Kali ini Kecamatan Parigi yang mendapat terjangan dahsyat angin puting beliung.

Angin puting beliung tersebut merusak sekitar 278 rumah warga dan bangunan lainnya. Adapun daerah yang kena dampak angin puting beliung ini antara lain Desa Parigi, Bojong Salawe, Dusun Buniayu, Dusun Astamaya dan Desa Karang Jaladri.


BPBD dan polisi melakukan penanggulangan dengan cara membantu korban bencana melakukan evakuasi ke tempat yang dianggap aman. Selain itu juga mendirikan dapur umum dan menyiapkan tenda untuk para pengungsi.

Menurut informasi dari tempat kejadian, angin puting beliung yang disertai hujan itu sangat cepat datangnya sehingga membuat warga panik dengan rusaknya sejumlah kios dan puluhan rumah warga di Kecamatan Parigi. Diperkirakan akibat kerusakan tersebut mencapai puluhan juta rupiah. Hingga saat ini sebagian warga masih trauma.

Disamping itu Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) keluarkan peringatan dini atas potensi terjadinya hujan lebat dibarengi angin kencang di beberapa wilayah di Indonesia. Berdasar pada info peringatan dini yang diambil dari website resmi BMKG, lokasi yang punya potensi di landa hujan lebat dibarengi angin kencang diantaranya Banda Aceh, Tasikmalaya, Ciamis, Parigi, dan Sukabumi. Sedangkan di wilayah Bekasi, Tangerang, Depok Serta Bogor punya potensi terjadi badai guntur pada rentang sore sampai malam hari.