Santirah River Tubing, Wisata Air Yang Penuh Petualangan

MediaPangandaran.com - Santirah River Tubing. Kini berwisata ke Pangandaran tidak lagi sekadar santai di tepi pantai. Ada Santirah River Tubing Pangandaran yang merupakan kegiatan petualangan air dengan menjelajahi sungai menggunakan ban. Kita akan masuk dan menyusuri lorong-lorong gua disertai jeram yang sangat menantang. Kedalaman sungai mencapai 8 meter, lebar sungai antara 1,5-6 meter dengan air berwarna hijau saat kemarau, kecokelatan saat musim hujan. Santirah juga mengaliri Sungai Citumang di bawahnya.

Apabila Anda ingin menuju ke Santirah River Tubing bisa melalui Jalan Raya Parigi. Jangan khawatir tersesat. Selain bisa bertanya ke penduduk setempat, di setiap persimpangan jalan ada petunjuk arah ke Citumang 1 dan ke Citumang 2. Disarankan mengikuti arah Citumang 1. Kalau arah Citumang 2 lebar jalan hanya masuk satu mobil, menanjak, Anda pun harus melewati dua belokan yang sangat tajam. Jarak ke Santirah River Tubing sekitar 800 meter dari Kantor Desa Selasari, Parigi, Kabupaten Pangandaran.


Setiba Anda di lokasi, pengelola kawasan wisata Santirah River Tubing akan menawarkan segala fasilitas kepada pengunjung. Anda diberikan pengarahan yang wajib diikuti semua peserta dan tentu harus berdoa untuk keselamatan. Setelah jaket pelampung dikenakan, rive tubing pun siap dimulai.
Sambil membawa ban, Anda turuni tangga ke bawah menuju sungai titik awal river tubing. Beruntunglah bagi Anda yang berkunjung ke Santirah di saat puncak musim hujan karena aliran Sungai Santirah ketika musim hujan sangat deras sehingga semakin menantang dan seru. Meskipun berkunjung saat musim hujan, Anda tidak perlu cemas terseret banjir bandang. Pengelola selalu memantau kenaikan debit air sungai. Kalau terjadi kenaikan debit air sungai, kegiatan rafting langsung dihentikan.

Selama mengarungi sungai, Anda akan melewati air terjun berbagai ukuran, yaitu Air Terjun Tirai, Air Terjun Batu Munding, Air Terjun Curug Kembar, Air Terjun Curug Mini, dan Air Terjun Curug Tiga. Bila punya nyali, Anda bisa memanjat dan terjun bebas di air terjun.

Selain itu, Anda pun akan dibawa menyusuri gelapnya Gua Gendang, Gua Panjang Santirah, Gua Lengkob, dan Gua Uling. Yang paling menarik adalah Gua Panjang Santirah sepanjang 100 meter. Anda bisa menikmati pemandangan berupa stalaktit yang indah dan dinding batu hasil pahatan alam, relief batu yang begitu rapi sempurna, dihiasi pancaran mata air yang keluar dari sela-sela belahan batu.
Keluar dari gua, Anda akan disuguhi aliran sungai yang sangat deras dan sempit serta bebatuan yang tidak bisa dilewati menggunakan ban sehingga Anda harus terjun ke sungai. Setelah itu, kembali menikmati aliran sungai yang tenang dan begitu seterusnya silih berganti hingga di titik akhir / finish.

Total perjalanan memakan waktu tempuh 2-3 jam. Kegiatan diakhiri dengan loncat dari alas tebing dengan ketinggian 5 meter dan 8 meter. Kurang keren kalau berkunjung ke Santirah River Tubing tidak loncat dari tempat itu.

Tips "River Tubing dan Body Rafting" di Santirah :
1. Jangan buang sampan sembarangan.
2. Bawa pakaian pengganti.
3. Pakai sepatu atau sandal, disarankan sandal tracking.
4. Makan dulu sebelum rafting agar tidak pingsan.
5. Bawa helm untuk keamanan karena di tempat ini tidak disediakan.
6. Kalau berkunjung, disarankan lima orang atau lebih, kalau kurang dari lima orang biaya tetap dihitungnya lima orang (1 tim).

Estimasi biaya Santirah River Tubing : Rp 150.000/orang.
Informasi & Reservasi : 082-323-544-444