Pantai Batukaras, Surga Bagi Peselancar Mancanegara & Domestik

MediaPangandaran.com - Pantai Batukaras. Bagi sebagian masyarakat yang tinggal di Provinsi Jawa barat, tentunya tak asing lagi dengan Pantai Batukaras. Terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Pangandaran, pantai yang sejatinya adalah teluk dengan pasir hitam khas tropis itu lama dikenal sebagai salah satu destinasi utama di kabupaten bungsu di Provinsi Jawa Barat.

Nama besar itu tentu bukan tanpa sebab. Selain indahnya pantai, Batukaras juga memiliki ragam keunikan lain di dalamnya. Satu hal yang tak bisa dilepaskan dari Pantai Batukaras adalah kegiatan selancar. Olah raga ekstrem ini menjadi salah satu alasan banyak wisatawan terutama turis mancanegara datang. Ombak yang landai dengan gugusan pantai panjang tanpa karang menjadi primadona bagi mereka yang ingin mencicipi selancar baik dengan papan panjang maupun pendek.


Nama Batukaras sebagai tempat yang asyik untuk berselancar juga bukan hal baru. Bagi komunitas selancar, Batukaras sudah disamakan dengan beberapa surfcamp lain di Pulau Jawa seperti Panaitan Island Ujungkulon, Red Island Banyuwangi, Watukarang Pacitan, dan Cimaja Sukabumi.

Baca juga : Daftar Objek Wisata di Pangandaran

Kondisi itu pula yang mendukung anak muda sekitar pantai Batukaras menjadikan selancar sebagai salah satu kegemaran. Baik anak-anak maupun orang dewasa, laki-laki atau perempuan, hampir semua piawai meliuk-liukkan tubuh mereka di papan selancar. Beberapa nama bahkan sudah mencatatkan prestasi di pentas selancar baik di tingkat nasional maupun Asia.

Ada beberapa spot terkenal yang biasa digunakan para peselancar ketika menyambangi Batukaras, di antaranya Legok Pari, Reef, dan Bulak Benda. Tiga spot tersebut memiliki keunikan sendiri. Jika Legok Pari untuk pemula dan Reef untuk menengah, Bulak Benda yang letaknya cukup jauh sangat direkomendasikan bagi mereka yang mahir berselancar.

Silakan baca : Inilah Daftar Objek Petualangan Di Indonesia

Lalu, bagaimana kalau Anda ingin mencicipi selancar, tetapi belum memiliki keahlian? Tak perlu khwatir karena banyak warga sekitar yang siap jadi instruktur. Tarifnya sekitar Rp 150.000- Rp 200.000 per jam dengan jaminan Anda bisa berdiri di atas papan selancar. Papan selancarnya sendiri biasa disewakan dengan harga Rp 75.000 untuk dipakai seharian penuh. Penasaran? Tak ada salahnya Anda menjajal semua paket lengkap ini di Pantai Batukaras.