Ini Manfaat Daun Alpukat Untuk Kesehatan

MediaPangandaran.com - Buah alpukat tidak hanya enak dimakan namun juga memiliki kandungan gizi yang cukup tinggi. Maka dari itu, mengkonsumsi buah alpukat dapat menjadi bermanfaat bagi kesehatan. Bahkan, karena kandungan vitamin dan antioksidan di dalamnya, buah alpukat kini dijadikan sebagai bahan perawatan kecantikan. Untuk membuat masker wajah misalnya.

Namun tahukah anda, bahwa tidak hanya buahnya, daun alpukat pun memiliki khasiat yang banyak untuk kesehatan. Terutama digunakan sebagai bahan pembuatan ramuan tradisional. Penyakit yang bisa diatasi dengan daun alpukat antara lain sakit kepala, sakit perut, disentri, sakit pinggang, menurunkan tekanan darah tinggi hingga mengatasi asma. Berikut ini kami informasikan cara membuat ramuan tradisional menggunakan daun alpukat seperti dilasir laman Iptek Id.

Daun alpukat bisa dimanfaatkan untuk pengobatan tradisional

Sakit perut dan disentri
Untuk mengobati sakit perut dan disentri, cukup sediakan daun alpukat sebanyak 5 gr, rimpang kunyit 6 gr, akar temu kelinci 5 gr, daun pegagan segar 6 gr. Semua bahan tersebut diseduh dengan air panas sebanyak 115 ml. Setelah dingin, saring airnya lalu diminum sekaligus.

Sakit pinggang
Sakit pinggang, rematik, nyeri sendi bisa diobati dengan ramuan daun alpukat. Caranya, ambil 5 lembar daun alpukat segar kemudian rebus dengan air. Diamkan rebusan daun alpukat selama semalam penuh. Minum ramuan tersebut pada keesokan harinya.

Sakit kepala
Anda terserang sakit kepala? Jangan khawatir, jika di sekitar tempat anda ada pohon alpukat, ambil beberapa lembar daun alpukat yang masih segar kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Kira-kira 5 menit. Ambil sedikit airnya, kemudian tambahkan air hingga penuh. Minum ramuan tersebut hingga sakit kepala Anda sembuh.

Mengobati asma
Ambil 7 lembar daun alpukat, cuci bersih kemudian direbus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1,5 gelas. Beri sedikit garam, aduk hingga rata. Saring airnya dan minum ramuan tersebut sebelum tidur.

Tekanan darah tinggi
Untuk mengobati tekanan darah tinggi alias hipertensi caranya mudah, ambil 3 lembar daun alpukat segar kemudian dicuci hingga bersih. Setelah itu masukkan dalam gelas dan seduh dengan air panas. Setelah dingin, air seduhan daun alpukat tersebut diminum.

Selain daun alpukat, sebenarnya masih banyak lagi tanaman di sekitar kita yang bisa dijadikan sebagai obat tradisional. Lain waktu akan saya bahas lagi. (Etp/MP).