Inilah Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

MediaPangandaran.com - Buah pisang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Mengkonsumsi buah memang banyak manfaatnya bagi kesehatan. Hal ini tidak perlu diragukan lagi kebenarannya. Banyak sekali buah-buahan di dunia ini khususnya di Indonesia yang mudah didapat, murah harganya namun besar manfaatnya. Salah satunya buah pisang. Buah yang didalam dongeng menjadi kesukaan kera ini memiliki kandungan yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh manusia.

Manfaat Buah Pisang Untuk Kesehatan

Nah, berikut ini merupakan manfaat buah pisang bagi kesehatan yang perlu anda ketahui:

Melancarkan pencernaan
Dalam buah pisang mengandung serat sebanyak 2,5 gram untuk ukuran sedang. Serat sangat baik untuk melancarkan sistem pencernaan. Juga dapat membantu anda yang sedang mengalami kesulitan buang air besar.

Kandungan serat dalam buah pisang dapat membantu seseorang agar merasa kenyang lebih lama. Kandungan kalori dari buah pisang juga cukup rendah bila dibandingkan permen. Anda yang sedang dalam program diet, harus memasukkan pisang dalam menu harian.

Mengurangi Sakit saat Menstruasi
Sebuah penelitian menujukkan bahwa kandungan potasium pada pisang dapat mengurangi kram yang biasanya disebabkan karena kekurangan kalium. Pisang yang memiliki kandungan vitamin B6 dapat mengurangi retensi cairan. Hal inilah yang dapat membantu mengurangi kembung saat menstruasi.

Kesehatan Mata
Pisang mengandung cukup vitamin A untuk bisa menjaga kesehatan mata. Dalam satu buah pisang, setidaknya mengandung 10 mikrogram vitamin A.

Menormalkan Fungsi Jantung
Pisang kaya akan potasium dan eletrolit mineral. Pada setiap buah pisang terbukti memiliki sekitar 360 miligram kalium untuk tubuh untuk Anda. Kekurangan kalium di dalam tubuh dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur yang dapat mengancam kesehatan. Oleh karena itu, mengonsumsi pisang secara teratur dapat membantu menormalkan fungsi jantung.

Banyak orang menganggap remeh buah pisang karena memang harganya yang murah bahkan bisa didapat dengan mudah. Namun, di balik itu ternyata tersimpan khasiat yang luar biasa. (Etp/MP).