Inilah Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Durian Untuk Kesehatan
Buah durian dikenal sebagai rajanya buah (foto: glamgrid.com)

MediaPangandaran.com - Di Eropa, buah durian dikenal dengan nama King of Fruit, yang artinya rajanya buah. Buah nangka disebut Jack of Fruit, sementara yang mendapat julukan Queen of Fruit atau ratunya buah adalah buah manggis. Tentu bukan tanpa alasan mereka menamainya seperti itu. Usut punya usut, ketiga buah tersebut dinamai seperti itu karena kandungan nutrisinya yang berlimpah dan bermanfaat bagi kesehatan.

Buah durian, selain memiliki rasa dan aroma yang khas ternyata juga memiliki banyak kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Diantaranya vitamin C, asam folat, kalium, dan kaya akan serat. Nah, berikut ini manfaat buah durian untuk kesehatan seperti dilansir Suara Merdeka online:

Vitamin C
Kandungan vitamin C dalam buah durian cukup besar. Dalam 100 gram buah durian, mampu memenuhi kebutuhan vitamin C harian sebanyak 30%. Mencukupi kebutuhan vitamin C harian dapat membantu Anda mendapatkan kekebalan tubuh yang baik. Hal ini karena vitamin c merupakan sumber antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas.

Mengatasi Anemia
Selain vitamin C, buah durian juga mengandung cukup banyak asam folat. Asam folat ini sangat diperlukan oleh tubuh untuk pembentukan sel darah merah. Durian juga mengandung tembaga dan zat besi yang penting untuk meningkatkan produksi darah sehingga dapat membantu penderita anemia.

Kesehatan Tulang
Buah durian mengandung banyak kalsium dan kalium. Kalsium berfungsi meningkatkan kepadatan tulang, sementara kalium berperan untuk menjaga kesehatan tulang. Kalium juga menjaga keseimbangan sodium sehingga kalsium tidak terbuang lewat ginjal. Memenuhi kebutuhan kalsium dan kalium dapat mencegah gejala osteoporosis.

Menjaga tekanan darah
Menurut beberapa penelitian, kandungan kalium dalam buah durian dapat membantu menjaga tekanan darah tetap normal dan mencegah terjadinya stroke serta serangan jantung.

Baik untuk Pencernaan
Buah durian kaya akan kandungan serat alami yang baik untuk kesehatan pencernaan. Memenuhi kebutuhan serat harian sangat penting untuk melindungi selaput lendir usus, mencegah sembelit, serta mengikat bahan kimia penyebab kanker di usus besar.

Tidur lebih lelap
Durian mengandung salah satu asam amino esensial, yaitu Trypthopan. Fungsinya membantu produksi serotonin dan melatonin dalam tubuh. Nah, serotonin dan melatonin inilah yang berguna dalam meningkatkan suasana hati, meredakan stres dan sakit kepala sehingga kita bisa tidur lebih lelap. Ingat, tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan. (Etp/MP).