Logitech K400, Keyboard Multimedia Wireless Plus Touchpad

MediaPangandaran.com – Saat ini sudah bisa dibilang umum bila sebuah PC berada di ruang keluarga. Menemani HDTV setinggi layar yang ada tak hanya berfungsi untuk menonton siaran TV saja, melainkan juga untuk menonton koleksi film HD atau bermain game.

Saat berpindah ke dalam mode PC, maka tentunya Anda masih tetap membutuhkan keyboard dan mouse untuk navigasi dan berinteraksi dengan sistem operasi. Menggunakan mouse dan keyboard berkabel tentunya bukan pilihan yang tepat, berikut juga dengan versi wireless karena ukurannya yang besar dan tak terlihat cocok dengan ruang keluarga. Oleh karena itu gunakan saja Logitech K400. Ukurannya kecil dan ringkas berupa keyboard plus touchpad untuk menggantikan peran mouse.


Gambar : Logitech K400, Keyboard Multimedia Wireless Plus Touchpad

Satu kata saat Anda mengangkat keyboard ini adalah ringan. Material plastik menjadi peran utama di sini, membuat bobotnya hanya 405 gram saja. Untuk ukuran, cukup besar untuk melakukan aktivitas seperti mengetik, namun juga cukup kecil saat diletakkan di meja. Yang pasti Anda dapat memegangnya dengan satu tangan secara mudah.

Di satu sisi material plastik membawa keuntungan dengan bobotnya yang ringan, namun juga membawa kekurangan dalam hal ketangguhan. Bodinya mudah untuk melengkung saat ditekan dengan tenaga yang tak terlalu kuat. Oleh karena itu Anda harus berhati-hati untuk menyimpan keyboard ini, jangan sampai terselip di sofa dan seseorang mendudukinya.

Sebuah keyboard tentunya ada untuk satu aktivitas, yakni mengetik. Logitech K400 ini memiliki lebar 354 mm yang sedikit lebih kecil dibandingkan keyboard desktop berukuran penuh. Keberadaan touchpad di sisi kanan semakin memperkecil area keyboard. Tentunya hal ini juga berdampak pada ukuran dan posisi keypad yang rapat.

Sementara itu di bagian atas layout keypad juga terdapat tombol multimedia plus sebuah tombol kecil di sudut kiri atas yang membawa fungsi klik kiri. Keyboard juga membawa berbagai fungsi tambahan khusus untuk Windows 8 yang dapat Anda akses menggunakan tombol Function, seperti misalnya pencarian, pengaturan dang pergantian antar apalikasi.

Menggunakan peran mouse, digunakan touchpad di sini. Ukurannya tidak terlalu lebar dengan dua buah tombol klik di bagian bawahnya. Anda dapat melakukan fungsi gestur seperti pinch to zoom, namun dengan ukurannya yang tak terlalu lebar, fungsi tersebut sedikit memerlukan sedikit penyesuaian karena kedua jari Anda tidak dapat merenggang terlalu lebar. Jadi memang touchpad ini terkesan ada hanya untuk menggeser kursor di layar.

Kesimpulannya, Anda yang membutuhkan sebuah alat navigasi untuk PC di ruang keluarga akan terasa tercukupi dengan adanya Logitech K400 yang dibanderol dengan harga Rp 499.000.