Jenis-Jenis Makanan untuk Menjaga Kesehatan Tulang

MediaPangandaran.com - Tulang merupakan rangka yang membentuk tubuh, dimana disanalah tempat menempelnya otot atau daging yang akan membangun tubuh kita. Menjaga kesehatan tulang sama pentingnya dengan menjaga kesehatan organ tubuh lain. Dan perlu untuk anda ketahui, tulang juga butuh nutrisi agar kinerjanya optimal.

Nutrisi untuk tulang berasal dari makanan yang kita konsumsi. Jadi, untuk memenuhi kebutuhan nutrisis tulang, kita harus mengkonsumsi makanan tertentu. Namun sebelumnya anda harus tahu apa saja sih nutrisi yang dibutuhkan tulang agar bekerja optimal?

Menurut Dr Robert P. Heaney, spesialis tulang di Creighton University di Omaha, setidaknya ada dua kunci untuk kesehatan tulang. Yaitu kalsium dan vitamin D. Kalsium mendukung struktur tulang dan gigi, sedangkan vitamin D meningkatkan penyerapan kalsium dan pertumbuhan tulang. Ini tidak hanya berlaku pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tapi juga orang dewasa agar terhindar dari osteoporosis.

Susu merupakan sumber kalsium yang baik untuk tulang. Sumber Foto : Liputan6

Nah, setelah kita tahu ada dua hal yang perlu dipenuhi untuk menjaga kesehatan tulang, yaitu kalsium dan vitamin D, maka pertanyaan selanjutnya makanan apa saja yang mengandung kalsium dan vitamin D? Oke, berikut ini berbagai jenis makanan yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang.

1. Susu dan produk olahannya
Tidak bisa dipungkiri, susu merupakan produk yang minuman yang menjadi sumber kalsium terbanyak. Biasanya, susu yang paling sering dikonsumsi adalah susu sapi. Meski begitu sekarang ini sudah banyak beredar susu dari nabati misalnya susu kedelai. Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan. Susu sapi banyak mengandung kalsium namun tinggi juga kandungan lemaknya. Sementara susu kedelai lebih mengarah pada kandungan proteinnya.

Selain susu, berbagai olahannya seperti yoghurt dan keju juga mengandung kalsium. Yoghurt dan keju bisa jadi alternatif bagi anda yang tidak suka dengan susu atau alergi.

2. Ikan laut
Beberapa jenis ikan laut memiliki kandungan kalsium cukup tinggi. Diantaranya adalah tuna, sarden dan ikan salmon. Ketiga ikan ini selain memiliki kandungan kalsium yang tinggi juga mengandung vitamin D. Sekarang ini jenis ikan tersebut sudah banyak diperjualbelikan di pasar swalayan dalam bentuk ikan kalengan.

Selain ketiga ikan tersebut ada satu lagi ikan yang memiliki kandungan kalsium tinggi, yaitu ikan teri. Yups, bahkan ikan kecil ini memiliki kandungan kalsium yang sangat tinggi. Jadi jangan tertipu dengan bentuk fisiknya.

3. Sayuran hijau
Satu cangkir bayam masak mengandung hampir 25% dari kalsium harian Anda, ditambah serat, zat besi, dan vitamin A. Seperti bayam, sawi masak mengandung lebih dari 25% dari kalsium harian Anda.

Sayuran berdaun hijau lain – seperti brokoli, kangkung, lobak, dan bok choy (kubis Cina) juga sumber kalsium yang baik. Rebus sayuran tinggi kalsium ini sebentar saja agar tidak banyak kalsium terbuang percuma.

4. Telur
Meski dikenal sebagai makanan yang mengandung protein tinggi, namun kandungan vitamin D dalam sebutir telur juga cukup tinggi. Satu butir telur ayam dapat memenuhi 6 % kebutuhan vitamin D harian Anda. Jika protein terdapat dalam putih telurnya, maka vitamin D terdapat pada kuningnya.

5. Jus jeruk
Dalam segelas jeruk memang tidak menyediakan kalsium maupun vitamin D, melainkan vitamin C tinggi. Namun, menurut penelitian asam askorbat dalam jus jeruk dapat membantu penyerapan kalsium. Studi lain juga menyebutkan, wanita dengan karakter postmenopausal yang mengasup suplemen vitamin C memiliki kepadatan tulang lebih, dibanding mereka yang tidak.

Ternyata cukup banyak dan cukup mudah menemukan makanan sumber kalsium untuk tulang. Jadi, menjaga kesehatan tulang sebenarnya tidak sulit bukan? (Etp/MP).