Jangan Makan 5 Makanan ini Sebelum Tidur!

MediaPangandaran.com - 5 Makanan Ini Harus Dihindari Sebelum TidurTidur merupakan kebutuhan manusia yang berkaitan erat dengan kesehatan tubuh. Menurut para ahli, manusia setidaknya membutuhkan waktu 8 jam untuk tidur setiap harinya. Meski beberapa pakar tidak setuju dan menilai bahwa yang terpenting adalah kualitas tidur, bukan durasi waktu tidur.

Tapi intinya, tidur adalah sebuah kegiatan yang sangat penting. Namun, tidak semua orang mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas. Beberapa mengalami gangguan ketika tidur. Gangguan tersebut bisa disebabkan banyak hal, dan salah satu dari banyaknya hal tersebut adalah makanan yang dikonsumsi sebelum tidur.


Nah, berikut di bawah ini di lampirkan beberapa makanan yang harus dihindari dan tidak boleh di konsumsi sebelum tidur karena dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Sebagai berikut :

1. Cokelat dan Kopi

Cokelat dan kopi merupakan makanan yang harus Anda hindari sebelum tidur. Cokelat mengandung gula dan lemak tinggi, cokelat juga mengandung kafein yang membuat anda akan sulit tetidur. Selain itu didalam cokelat juga terkandung theobromine yang dikenal dapat membuat jantung anda berdetak lebih kencang. Akibatnya, cokelat dapat membuat Anda bangun di malam hari dan menyebabkan kurang tidur. Sementara kopi sudah jelas merupakan minuman yang tinggi kandungan kafeinnya.

2. Es Krim

Es krim merupakan makanan yang harus Anda hindari saat akan pergi tidur. Es krim mengandung gula dan lemak yang tinggi. Lemak akan diproses oleh tubuh secara lambat sehingga anda kan kesulitan untuk tidur, atau tidur kurang lelap.

3. Daging Merah

Konsumsi daging merah sebelum tidur sebaiknya dihindari. Daging merah mengandung banyak protein hewani dan juga lemak yang harus dicerna lebih lama. Ketika Anda mengkonsumsi daging merah sebelum tidur, pencernaan yang seharusnya berhenti bekerja akan terus dipaksa untuk mencerna daging.

4. Pizza

Jika anda ingin mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas, maka Pizza adalah makanan yang “haram” dikonsumsi sebelum tidur. Pizza mengandung kalori yang sangat tinggi. Selain itu saus tomat yang bersifat asam dapat memicu asam lambung dan topping berminyak sangat mungkin untuk membangkitkan mulas.

5. Alkohol

Mungkin banyak yang mengira bahwa mengkonsumsi alkohol sebelum tidur dapat membuat tidur kita lebih nyenyak. Ternyata pandangan tersebut salah besar. Memang benar alkohol cenderung dapat membuat Anda cepat mengantuk tetapi tidur yang Anda dapatkan bukanlah tidur yang nyenyak karena minuman ini dapat menyebabkan dehidrasi dan mengganggu fungsi restoratif tidur.

Nah, jadi jika Anda ingin mendapatkan tidur yang berkualitas maka hindari mengkonsumsi beberapa makanan dan minuman yang di sebutkan diatas. Jika memang terpaksa mengkonsumsinya usahakan dimakan 2-3 jam sebelum waktu tidur. (Etip/MP).