Inilah 6 Akibat Jika Melewatkan Sarapan

MediaPangandaran.com – Jika anda adalah salah satu orang yang tidak biasa sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas baiknya segera untuk merubah kebiasaan itu, karena sarapan merupakan bekal awal dimana tubuh membutuhkannya. Walaupun kita merasa tidak lapar itu hanya perasaan kita saja, hanya dasar dari rasa malas atau mungkin buru-buru untuk pergi ke tempat kerja, dan lain-lain.

Merubah kebiasaan memang perlu proses atau bisa di bilang lama, tapi jika tidak di coba dari sekarang maka akibatnya pun akan segera di dapatkan. Baiknya memang biasakanlah sarapan pagi sebelum memulai aktivitas, karena sarapan itu sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Akibat Jika Melewatkan Sarapan
Foto : Ilustrasi malas sarapan, Sumber foto : klikdokter.com

Kenapa harus sarapan? karena jika tidak sarapan artinya anda telah membuat masalah baru dimana hal itu sebuah kerugian yang akan anda dapatkan, Baiknya sarapanlah walau sedikit. Lantas, Apa saja kerugian jika tidak sarapan? Berikut 6 kerugian dan akibat yang di rasakan oleh tubuh jika anda melewatkan sarapan di pagi hari, seperti yang dilansir dari sidomi.com

1. Mudah lelah

Saat tubuh kehabisan energi akibat perut kosong di pagi hari, maka kerja sistem metabolisme akan melambat. Akibatnya Anda akan merasa mudah lelah, kehabisan tenaga, serta kehilangan kemampuan berkonsentrasi.

2. Perubahan hormonal

Kondisi kekurangan energi akan mempengaruhi juga produksi hormonal di tubuh. Hormon pemicu stres (kortisol) akan meningkat, dan produksi insulin tubuh naik dengan cepat. Jika terjadi terus dapat membuat tubuh mengalami masalah kadar gula tinggi.

3. Tubuh menyimpan lemak

Makan pagi akan membuat sistem tubuh kembali bekerja usai istirahat semalam. Jika Anda sering melewatkan makan pagi, maka tubuh akan mengatur penyimpanan lemak dan energi lebih banyak dari makan malam Anda. Akibatnya penumpukan lemak membuat Anda lebih mudah gemuk.

4. Mengatur mood

Sarapan akan membuat mood Anda lebih baik, bahagia, dan semangat. Sebaliknya melewatkan sarapan akan membuat Anda gampang tersinggung, murung atau depresi.

5. Makan siang lebih banyak

Saat Anda menghindari sarapan, maka umumnya menyebabkan Anda makan siang lebih banyak. Ini malah menimbulkan pertambahan berat badan, mengantuk di saat bekerja, dan gula darah dapat meningkat dengan drastis.

6. Tambah berat badan

Sistem metabolisme yang tak teratur bisa memicu tubuh menyimpan lebih banyak lemak dan karbohidrat setiap kali Anda makan. Saat lapar, Anda juga cenderung memilih makanan kaya lemak dan karbo, yang berakhir di penambahan berat badan serta sulitnya menurunkan kembali.