GoKey, Keyring Yang Memiliki Fungsi Serbaguna

MediaPangandaran.com – Keyring, bisa Anda bayangkan sebagai gantungan kunci, ternyata bisa berguna lebih dari sekadar benda untuk membawa smartphone Anda. Hal ini dibuktikan oleh GoKey, sebuah perangkat yang memiliki konsep keyring, tetapi membawa berbagai fitur seperti mengisi baterai saat darurat dan juga media penyimpanan.

Walau tidak bisa dikatakan kecil untuk sebuah keyring, desainer dari GoKey mengatakan bahwa ukurannya sudah didesain sekecil mungkin untuk tidak mengganggu pengguna. Setidaknya cukup besar untuk menyimpan baterai, tetapi masih cukup kecil untuk sebuah keyring.

GoKey

Di dalam GoKey terdapat sebuah baterai dengan kapasitas 400 mAh yang dapat digunakan sebagai pengisi baterai darurat bagi smartphone agar dapat bertahan setidaknya 1 atau 2 jam. Desainer GoKey mengatakan baterai dapat mengisi iPhone 5S setidaknya hingga dipakai selama 2 jam. Pengguna dapat mengisi smartphone atau tablet asalkan memiliki port microUSB. Selain sebagai portable charger, GoKey juga berguna sebagai media penyimpanan. Tersedia 3 versi, yakni dengan kapasitas 8, 16 dan 32 GB. Data yang disimpan juga dapat dilindungi oleh password dan enkripsi 128-bit.

Fungsinya tidak hanya berhenti di situ karena GoKey juga berfungsi sebagai item-locator dengan dibekali koneksi Bluetooth. Hal ini memungkinkan pengguna untuk mencari GoKey menggunakan smartphone, dan sebaliknya mencari smartphone menggunakan GoKey. Smartphone akan dapat terhubung dengan GoKey dengan jarak maksimal 30 meter. Pengguna dapat mengetahui seberapa jauh GoKey terpisah menggunakan aplikasi yang diinstal pada smartphone.

Aplikasi juga dapat membuat GoKey berdering untuk memudahkan pengguna mencarinya. Saat ini GoKey sedang menggalang dana di IndieGogo. Nantinya akan dilepas dengan harga US$59 atau setara dengan Rp 700 ribuan. Cukup mahal juga untuk sebuah keyring.