Gejala Penyakit Kanker Usus Besar Terlihat dari Tinja Berdarah

MediaPangandaran.com - Waspadai jika tinja yang Anda keluarkan tiap hari disertai dengan darah. Tanda tersebut mungkin menjadi gejala penyakit kanker usus besar yang perlu disikapi secara serius. Jika muncul darah pada tinja, menunjukkan telah terjadi pendarahan di dalam saluran pencernaan. Pendarahan dapat terjadi di usus atau bagian lainnya.

Namun kebanyakan kasus menunjukkan pendarahan tersebut sebagai sinyal kanker usus besar. Penyakit yang juga disebut kanker kolorektal ini disebabkan adanya pertumbuhan sel-sel tidak normal di usus besar atau kolon. Kemunculannya terdapat pada pangkal usus besar hingga ke rectum maupun anus. Fase sel kanker yang mulai parah menyebabkan perlukaan saat tinja melewati sel kanker.

Waspada, tinja berdarah tanda kanker usus  (Foto: Parkswaycancercenter)

“Gejala yang paling penting dari kanker ini adalah pendarahan di feses, gampang diare, berat badan menurun, kehilangan nafsu makan, dan mudah berkeringat,” kata Prof. Dr. dr. Arry Harryanto, SpPD KHOM, seperti dikutip laman Detik Health.

Ada banyak faktor yang dapat memicu terjadinya kanker usus besar. Ketika beberapa faktor terakumulasi, kemungkinan terjadinya mutasi sel kanker ikut meningkat. Beberapa pemicunya adalah genetic, usia, polip, diabetes, hingga gaya hidup yang tidak sehat. Gaya hidup makan kurang serat, hobi dengan makanan gorengan, dan jarang berolahraga dapat menjadi pemicu.

“Sebaiknya siapa pun rutin memeriksakan feses, setidaknya setahun sekali, untuk mencegah kanker jenis ini sejak dini. Pemeriksaan feses ini terbilang murah, jadi seharusnya tidak ada halangan untuk ini,” kata dr Arry.