Fenomena CLBK Sebagai Penyebab Perceraian

MediaPangandaran.com – Pada dasarnya, tabiat orang yang dicintai sama sekali tidak mengharapkan adanya pihak kedua. Itu adalah salah satu alasan kenapa dalam Islam diharamkan untuk pacaran atau menjalin sebuah hubungan tanpa ikatan pernikahan.

Seperti menurut beberapa sumber yang sempat kami ajak berbincang dalam hal “Fenomena CLBK sebagai penyebab sebuah perceraian”, hampir semua mengarah dan membenarkan hal tersebut, bahwa diantara banyaknya sebab perceraian, adalah munculnya mantan pacar atau yang lebih sering dikenal dengan CLBK (Cinta Lama Bersemi Kembali).

Tapi, walaupun begitu semuanya kembali lagi pada diri masing-masing. Mengingat masa lalu merupakan hal yang sangat wajar, tapi terpaku pada masa lalu adalah hal yang harus penuh dengan pertimbangan. Ingatlah tanggung jawab kita saat ini, masa lalu hanya sebuah proses pembelajaran untuk bisa lebih baik dihari selanjutnya.

Dalam sebuah ikatan pernikahan, masing-masing pasangan harus menjaga baik-baik, jangan biarkan hal seremeh apapun hadir di tengah biduk rumah tangga. Demi kelangsungan ikatan suci pernikahan itu sendiri. Mengingat juga, seperti yang kita ketahui bahwa masalah kecil yang terjadi selepas menikah ketika tidak di sikapi dengan bijak itu akan menjadi sebuah masalah besar yang berakibat terjadinya perceraian.

Sebuah perceraian bisa terjadi karena berbagai macam penyebab. Dan diantara penyebab tersebut adalah tumbuhnya rasa pada sesuatu hal yang pernah mengisi ruang hati di masa lalu (Cinta lama berseri kembali).

Cinta lama berseri kembali (CLBK) sebenarnya bisa kita hindari, sangat bisa! karena kunci dasar dari kenapa kita terjebak dalam CLBK adalah salahnya cara penyikapan kita atas rasa saat kita bertemu dengan mantan pacar, secara langsung maupun tidak langsung, atau juga bermula pada suatu kondisi dimana pikiran kita tengah bernostalgia dengan masa lalu.

Seperti yang di katakan di atas bahwa semuanya kembali lagi pada diri kita. Lantas bagaimana cara kita untuk tidak terjebak seperti demikan?

Harus kita pahami dan harus juga kita sadari bahwa ujian seperti apapun akan ada di sepanjang kehidupan kita. Jangan hiraukan, karena semua ujian tersebut hanya untuk menguji keyakinan (keimanan) kita.

Dan, yang tak kalah pentingnya harus kita sadari bahwa, setan akan selalu menggoda. Bahkan, salah satu proyek terbesar setan terhadap umat manusia adalah menggalakkan perceraian. Sehingga, setan akan mencari banyak cela agar mereka bisa menceraikan banyak pasangan dengan caranya. Tentu, keteledoran kita dalam hal munculnya cinta lama berseri kembali (CLBK) ini, bisa menjadi andil dalam masuknya godaan setan ke dalam hangatnya rumah tangga yang telah susah payah kita bangun.

Nampaknya, kita harus lebih banyak belajar untuk menata pikiran, budi, rasa, dan jiwa. Yang pasti, kita harus lebih bisa membawa diri dengan selalu menjaga keimanan kita agar apa yang telah kita bangun dengan susah payah tidak hancur serta merta karena kecorobohan diri, dalam hal ini munculnya rasa yang pernah ada di masa lalu atau yang lebih dikenal dengan cinta lama berseri kembali (CLBK).

Insya Allah, ketika kita kuat dalam niat yang benar, akan menjadi sarana solusi atas segala macam ujian. Dan kesungguhan kita dalam menjaga diri dan hati, kemudian senantiasa memperbaiki diri bersama pasangan, itu akan menjadi sebuah kekuatan untuk menjauhkan hal apapun, termasuk cinta lama berseri kembali (CLBK).

Tidak ada masalah ketika kita ingat masa lalu, yang penting kita tahu dan ingat, mana hari kemarin, dan mana hari ini. Semoga hubungan kita tidak tergoyahkan hanya karena kita ingat pada masa lalu.