Cara Mudah Mengolah Telur Menjadi Makanan Lezat

MediaPangandaran.com - Telur mata sapi, cara mudah mengolah telur.  Telur merupakan bahan makanan yang mudah didapat dengan harga cukup murah. Selain itu, telur mengandung banyak zat gizi, sebut saja protein, lemak dan omega-3 yang diperlukan untuk kesehatan tubuh. Bahkan, diantara para penggemar body building, telur dikenal sebagai sumber protein superior.

Telur juga bahan makanan yang cukup mudah dalam hal cara memasaknya. Jika Anda tidak mau repot, telur bisa diolah dengan cara direbus atau digoreng. Jadi deh, tinggal disantap. Namun tentu saja, mengkonsumsi telur rebus setiap hari akan membuat kita jenuh. Karena itu diperlukan variasi dalam menyajikan telur sebagai masakan. Nah, berikut ini akan kami informasikan mengenai cara mengolah telur menjadi masakan enak. 

Telur orak arik
Telur orak arik

Memasak telur orak-arik sangatlah mudah dan praktis. Caranya dengan menumis putih telur dan kuning telur secara bersamaan. Agar telur terasa empuk dan tidak keras, memasaknya harus dengan panas sedang. Jika terlalu panas, telur akan cenderung keras bahkan gosong. Disebut telur orak-arik karena memang bentuknya yang tidak beraturan.

Telur mata sapi
Telur mata sapi

Mungkin inilah olahan telur yang paling terkenal di dunia. Cara membuatnya sangat praktis. Pecahkan telur dan tuang ke dalam wajan dengan panas sedang. Jangan sampai kuning telurnya pecah, karena bagian tersebut yang menjadikannya sebagai telur mata sapi. Tidak perlu dibolak-balik, setelah bagian bawahnya matang, telur diangkat ke dalam piring. Biasanya bagian kuning telurnya masih cair.

Easy-over
Easy-over

Caranya hampir sama dengan membuat telur mata sapi. Namun telur yang satu ini digoreng dengan panas tinggi sehingga bagian pinggir telur sudah matang. Setelah 45 detik, kemudian dibalik dan angkat.

Medium-over
Medium-over

Cara memasaknya sama dengan easy-over, namun dengan durasi waktu lebih lama sehingga telurnya lebih matang. Cara ini menjadikan kuning telur lebih matang dan cocok buat Anda yang tidak suka dengan telur mentah. Selamat mencoba, semoga bermanfaat. (Etp/MP).