5 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

MediaPangandaran.com - Cara menurunkan berat badan tidak perlu harus terlalu ketat sehingga hanya akan membuat tubuh tersiksa. Tidak makan sama sekali dan hanya mengisi tubuh dengan cairan, justru bisa membuat tubuh kekurangan nutrisi. Padahal yang diperlukan dalam diet adalah penurunan berat badan namun tetap menyukupi gizi.

Dalam melakukan diet sehat, dibutuhkan ketelatenan untuk melaksanakan berbagai faktor yang dapat memengaruhi penurunanan berat. Berikut beberapa cara untuk membantu luruhnya lemak di tubuh :
  1. Jalan cepat. Jalan cepat membantu pembakaran lemak dengan meningkatkan aktivitas metabolisme tubuh. Lemak diubah menjadi energi sehingga jika dilakukan secara teratur dapat meluruhkan lemak lebih banyak. Jalan cepat dapat dilakukan dengan treadmill atau jogging mengeliling kompleks rumah.
  2. Makan dengan perlahan. Tidak perlu buru-buru mengunyah saat makan. Semakin lembut makanan yang dikonsumsi menjadikan pencernaan lebih lancar. Hal ini membantu pencernaan lebih sehat dan memengaruhi turunnya berat badan. Selain itu, perhatikan asupan gizinya.
  3. Minum cukup air. Air berguna untuk menunda rasa lapar sehingga menjadikan seseorang mengurangi konsumsi makanan. Minum segelas air 30 menit sebelum makan memiliki efek perut terasa agak kenyang.
  4. Pilih makanan rendah kalori. Makanan rendah kalori tidak terlalu memicu penimbunan lemak pada tubuh. Selama asupan kalori dan gerak tubuh seimbang kadarnya, peningkatan berat badan dapa dihindari.
  5. Sering ke gym. Olahraga yang berhubungan dengan peningkatan kekuatan otot seperti push up, sit up, dan gerakan lain menggunakan alat di gym, membakar kalori lebih banyak dibanding olahraga kardio. Hal ini menjadi cara menurunkan berat badan yang lebih cepat.