Inilah Cara Mengatasi Malas Bangun Tidur, Terlebih Ketika Selalu Merasa Masih Ngantuk

MediaPangandaran.comStres merupakan salah satu penyebab adanya rasa malas, dalam hal ini malas untuk bangun tidur. Walaupun mata sudah terbuka, dan tahu bahwa itu saatnya untuk bangun dari tidur dan memulai aktivitas baru, tapi entah kenapa enggan dan malas sekali rasanya untuk bangun. Biasanya kelanjutannya beranjak pada terganggunya suasana hati, hingga pikiranpun susah sekali untuk bisa konsentrasi.

Malas Bangun Tidur. Foto Ilustrasi

Berikut dibawah ini ada cara bagaimana mengatasi kendala tersebut hingga bisa menghilangkan rasa malas ketika bangun di pagi hari, terlebih andapun akan merasa lebih segar dan lebih bersemangat.

1. Berjemur Matahari Pagi

Menyempatkan diri agar badan terkena sinar matahari pagi membantu tubuh lebih segar. Orang yang terbiasa mendapat sinar matahari pada pukul 6-9 pagi, cenderung punya aliran darah yang lebih lancar. Mereka menjadi bugar dan pikiran lebih gampang untuk berkonsentrasi. Demikian menurut studi dari Universitas Liege.

2. Melakukan Pijatan di Pelipis Kepala

Cara ini membantu mata lebih cepat terjaga menurut studi dari Universitas Michigan. Namun untuk melengkapinya, lakukan pula pijitan di area puncak kepala, sela telunjuk dan jempol, di bawah pusat tempurung lutut bagian kanan, bawah mata kaki, dan pangkal leher. Kelima titik ini turut membuat mata lebih segar.

3. Mengonsumsi Air Dingin

Aktivitas tidur di malam hari membuat tubuh kehilangan cairan dan mesti dipenuhi sewaktu bangun pagi. Tapi, usahakan minum segelas air putih dingin atau yang hangat. Ini lebih baik untuk mengusir kantuk dibanding langsung minum kopi. Atau, bisa pula melengkapinya dengan menggosokkan es batu yang dibungkus handuk pada lengan, tangan, dan kaki. Cara ini akan melancarkan aliran darah sekaligus melakukan proses pembuangan racun.

4. Memutar Musik : Pilih Musik Ceria

Musik yang Anda dengar akan merangsang sistem saraf yang akan menghasilkan suatu perasaan. Perangsangan sistem saraf ini mempunyai arti penting bagi pengobatan, karena sistem saraf ambil bagian dalam proses fisiologis. Dalam ilmu kedokteran jiwa, jika emosi tidak harmonis, maka akan mengganggu sistem lain dalam tubuh kita, misalnya sistem pernapasan, sistem endokrin, sistem immune, sistem metabolik, sistem motorik, sistem nyeri, sistem temperatur dan lain sebagainya. Semua sistem tersebut dapat bereaksi positif jika mendengar musik yang tepat. Karena itu, pilihlah lagu yang ceria di pagi hari. (S:siipe2r007).

5. Berolahraga

Olahraga membantu sirkulasi darah berjalan lebih baik. Apalagi ketika habis tidur malam, sirkulasi darah cenderung kurang terpompa baik, dan olahraga menjadi salah satu solusi. Cukup lakukan olahraga ringan kalau tidak sempat untuk melakukan yang lebih berat.

6. Mengambil Waktu Untuk Sarapan

Sarapan dengan menu bergizi membuat tubuh kembali berenergi dan menghindari rasa lelah jelang makan siang. Konsentrasi juga cenderung terkontrol hingga waktu makan siang datang. (IZ/MP).