4 Cara Memilih Ikan Segar Agar Tidak Tertipu

MediaPangandaran.com - Ikan segar. Jika Anda ingin memasak ikan, baik ikan bakar, ikan goreng, atau dimasak dengan cara apapun, hal pertama yang harus anda lakukan adalah memilih ikan yang masih segar. Kesegaran ikan yang Anda akan menentukan lezat tidaknya masakan Anda. Ikan yang sudah tidak segar lagi akan berpengaruh pada tekstur dan rasa ikan tersebut. Apalagi jika dagingnya sudah lembek dan agak berbau.

Foto : Ilustrasi. Ikan Laut segar

Lalu bagaimana sih cara memilih ikan yang benar untuk dimasak? Bagaimana cara menentukan ikan yang kita beli masih segar atau tidak? Laman Foxnews melansir, setidaknya ada 4 faktor yang bisa kita jadikan acuan untuk mengetahui apakah ikan yang dijual masih segar atau tidak.

1. Bagian Mata
Hal pertama yang harus anda perhatikan adalah bagian matanya. Ikan segar memiliki mata berawan dan matanya melotot seperti hendak keluar. Sementara ikan yang matanya cekung atau sudah masuk ke dalam biasanya kurang segar. Mata yang cekung menandakan bila ikan mengalami dehidrasi, yang berarti ikan terlalu lama di es batu daripada di air.

2. Bagian kulit atau sisik
Ikan yang masih segar biasanya memiliki warna kulit dan sisik yang mengkilat. Berbeda dengan ikan yang sudah lama terlihat kusam. Sisinya juga keras menempel pada kulit ikan. Ikan yang sudah lama biasanya sisiknya mudah terkelupas.

3. Tekstur
Jika anda sedang memilih ikan untuk dibeli, pastikan anda menekan tubuh ikan tersebut dan rasakan teksturnya. Ikan yang segar biasanya lebih keras dan kenyal. Saat ditekan, akan kembali pada posisi semula. Jika saat ditekan dagingnya tidak kembali, maka jangan beli ikan tersebut.

4. Bau
Ikan segar jika dicium akan berbau amis dan sedikit asin (jika ikan laut). Sementara ikan yang sudah lama baunya seperti ada bau busuk.

Nah, itu dia beberapa tips memilih ikan segar yang harus diperhatikan saat memilih ikan segar untuk dimasak. Jangan mudah percaya dengan penjual yang bilang bahwa ikannya masih segar. (Etp/MP).