Cara Membuat Ayam Goreng Lezat Ala Restoran

MediaPangandaran.com - Ayam goreng spesial ala restoran cepat saji Banyak orang menyukai kelezatan ayam goreng yang mereka beli di restoran. Meskipun kita bisa membuat ayam goreng sendiri di rumah, namun rasanya masih kalah enak dibanding ayam goreng yang kita beli. Apa sih sebenarnya rahasia kelezatan ayam goreng restoran? Apakah ada bumbu khusus, atau cara memasaknya yang berbeda? 

Ilustrasi. Foto : resep hari ini

Hmmm, oke pada kesempatan kali ini kita akan mencoba membuat ayam goreng yang lezat seperti ayam goreng yang kita beli di restoran. Berikut langkah-langkahnya seperti dilansir TheDailyMeal :

30 menit persiapan Langkah pertama, kita harus menyiapkan bahannya berupa satu ekor ayam. Kalau bisa ayam utuh berukuran sedang, lalu potong menjadi 8 bagian. Jika ayam berada di dalam kulkas, keluarkan ayam 30 menit sebelum digoreng. Ini untuk mencegah agar ayam tidak terlalu dingin saat digoreng, yang menyebabkan bagian dalamnya belum matang.

Waktu 30 menit sudah cukup untuk membuat suhu ayam berubah ke suhu ruangan alias suhu normal. Setelah dipotong, rendam ayam dengan air garam. Untuk lebih memberikan variasi rasa, campur juga dengan beberapa rempah yang Anda inginkan.

Merendam ayam juga sebagai antisipasi agar ayam tidak menjadi kosong atau keras karena terlalu kering. Proses rendaman cukup 5 menit saja, jangan terlalu lama.

Gunakan susu

Biasanya untuk mencampurkan bumbu, orang membalurkan daging ayam dengan telur. Coba cara lain, yaitu membaluri potongan ayam tersebut dengan susu dan didiamkan selama setidaknya satu jam, sehingga nutrisi susu meresap di ayam.

Bumbui dengan tepung

Sudah banyak tepung goreng ayam instan yang dijual di pasaran, tentunya ini akan mempermudah Anda dalam memasak ayam goreng yang lezat. Bila suka, campur dengan rempah-rempah lain untuk menambah rasanya. 

Saatnya menggoreng

Nah, ini dia bagian yang harus benar-benar diperhatikan, yaitu suhu minyak yang digunakan untuk menggoreng. Jika minyak yang digunakan terlalu panas, ayam akan mudah matang di bagian luar, tapi bagian dalamnya masih mentah. Jika dimasak terlalu lama agar bagian dalam matang, maka bagian luarnya akan keras dan gogong. Begitu juga jika minyak terlalu dingin, ayam akan lembek dan tidak akan renyah.

Maka suhu minyak untuk menggoreng harus benar-benar pas. Jangan gunakan minyak zaitun untuk menggoreng ayam, gunakan minyak kelapa saja. Minyak zaitun memang lebih sehat daripada minyak biasa namun, minyak zaitun memiliki tingkat didih yang rendah, sehingga tidak akan menghasilkan panas yang tepat untuk menggoreng ayam.

Goreng dua kali

Ada cara menggoreng unik yang bisa Anda coba. Pertama goreng ayam saat minyak mencapai suhu 150 derajat Celcius, agar dagingnya matang sempurna. Kemudian angkat ayam tersebut, diamkan. Sebelum disajikan, goreng lagi ayam di minyak yang suhunya 176 derajat celcius, hingga ayam berubah menjadi coklat keemasan.

Nah, jika anda ingin merasakan kelezatan ayam goreng restoran buatan anda sendiri, silahkan coba langkah-langkah diatas. Semoga berhasil! (Etp/MP).